Entri yang Diunggulkan

Sumatran Orangutan in Ketambe | Leuser Ecosystem

Upaya Penyelamatan Kawasan Ekosistem Leuser yang Didukung oleh Leonardo DiCaprio Masih Berlanjut

Dok. Paul Hilton for HAkA, Instagram/ @LeoDicaprio, Change.org
Masih ingat kunjungan aktor Leonardo DiCaprio ke Kawasan Ekosistem Leuser pada Maret lalu? (Baca perjalanannya di sini: Sosok Leonardo DiCaprio di Mata Farwiza Farhan). Kini sebagian dari hasil perjalanannya itu dapat Anda tonton dalam film dokumenter Before The Flood.
Salah satu pesan penyelamatan lingkungan yang secara konsisten didukung oleh Leonardo Dicaprio dan juga muncul dalam film itu adalah penyelamatan Kawasan Ekosistem Leuser. Ia terus mengingatkan pada publik untuk turut mendukung petisi Lindungi Leuser lewat akun media sosialnya. "I stand with HAkA Sumatera, I stand with Aceh People, Save Leuser Ecosystem," kata Leo.

Kawasan Ekosistem Leuser terancam hancur karena Rencana Tata Ruang Aceh baru dan Rancangan Peraturan Gubernur yang membuka sebagian besar kawasan untuk Konsesi Usaha Budidaya. Saat ini ada 93 perusahaan di wilayah Kawasan Ekosistem Leuser yang menguasai 351,000 hektare lahan.

Padahal, selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya, kawasan ini merupakan pelindung tata guna air dengan 4 sungai yang menjadi sumber air bersih, irigasi dan tatanan kehidupan rakyat Aceh.


Bencana banjir yang selama ini melanda Aceh telah mengakibatkan kerugian luar biasa. Salah satunya, banjir dan tanah longsor di Aceh Selatan pada Desember 2015 lalu telah merusak berbagai fasilitas umum dan permukiman penduduk. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat kerugian dari bencana itu mencapai Rp244 miliar. Belum lagi, bencana psikologis yang harus ditanggung oleh korban.

0 Response to "Upaya Penyelamatan Kawasan Ekosistem Leuser yang Didukung oleh Leonardo DiCaprio Masih Berlanjut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel