Entri yang Diunggulkan

Sumatran Orangutan in Ketambe | Leuser Ecosystem

Menjaga Leuser, Melindungi Kehidupan



Credit By CNN Indonesia

Kejahatan hutan, seperti pembalakan liar, menjadi ancaman utama bagi Taman nasional Gunung Leuser. Petugas Pengamanan Hutan atau Pamhut rutin berjaga dalam patroli. Dalam perjalanan patrol itu, polisi hutan itu tak jarang mengendus kegiatan pembalakan liar.

Tidak hanya penebangan kayu, perambahan dan alih fungsi hutan juga menjadi penyebab utama. Sebagian dibuka oleh warga untuk kebun jagung maupun pohon buah. Sebagian lagi beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit milik pemodal besar bahkan korporasi.

Leuser memiliki fungsi ekologis untuk menyediakan pasokan air bersih masyarakat dan dapat mengendalikan iklim di wilayah tersebut. Karena leuser tidak hanya sebagai hutan pelindung satwa maupun hayati, namun juga sumber kehidupan jutaan manusia, maka melindungi dan menjaga Leuser adalah harga mati. Akan memalukan bila Warga Negara Indonesia justru abai terhadap Leuser, hutan terbaik di dunia.

Ikuti berita dengan kemasan internasional berbahasa Indonesia di www.cnnindonesia.com dan channel CNN Indonesia di Transvision.

0 Response to "Menjaga Leuser, Melindungi Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel